Hari ini, 10.000 Pasukan KOKAM Jawa Barat Amankan Pemilu

Pimpinan Wilayah Pemuda Muhammadiyah Jawa Barat —¬† Komando Kesiapsiagaan Angkatan Muda Muhammadiyah (KOKAM) Jawa Barat menerjunkan 10.000 pasukan untuk membantu mengamankan Pemilu 17 April 2019. Pasukan KOKAM disebar di 26 Kabupaten/Kota sesuai daerah domisilinya masing-masing (Rabu, 17 April 2019.

Ketua Pemuda Muhammadiyah Jawa Barat, Iu Rusliana didampingi oleh Komandan Wilayah KOKAM Jawa Barat Dasep Adhiyat memberikan pernyataan langsung terkait pengerahan pasukan untuk membantu pengamanan Pemilu, di Paviliun Sunda, Jalan Martadinata, Kota Bandung, Selasa (16/4/2019).

“Kami siapkan 10.000 pasukan untuk ikut membantu (mengamankan Pemilu 17 April 2019). 10.000 bukan digerakkan tetapi mereka berada di tempat masing-masing di lingkungan masing-masing. Kami berada di 26 Kabupaten/Kota. Bergerak masing-masing tetapi tetap berada dalam jalur komando dan instruksi.”

Iu mengatakan, bahwa upaya tersebut merupakan inisiatif pihaknya atas kegelisahaan dan kekhawatiran yang dirasakan dalam pelaksanaan pemilu 2019. Terlebih dengan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Jabar, yang mencapai angka 33 juta orang.

Terkait hasil pemilu, Ia pun meminta kepada semua pihak untuk bersikap dewasa dan tidak melakukan aksi provokasi kepada salah satu kubu tim pemenangan dari masing-masing calon, hanya karena berdasarkan hasil exit pooling juga proses hitung cepat (quick count).

Iu menyerukan, apabila menemukan tindak kecurangan atau mendapat bentuk intimidasi baik verbal maupun fisik, lanjutnya agar segera melaporkannya kepada pihak berwenang, dan bukan justru membuat kegaduhan atau keributan di jalanan.