Jaga Kondusifitas Pemilu, Pemuda Muhammadiyah Jabar Terjunkan 10.000 KOKAM

Konferensi Pers Pemuda Muhammadiyah Jawa Barat, Selasa (16 April 2019)

Pimpinan Wilayah Pemuda Muhammadiyah Jawa Barat — Pemuda Muhammadiyah Jawa Barat terjunkan 10.000 personil Komando Kesiapsiagaan  Angkatan Muda Muhammadiyah (KOKAM) untuk menjaga kondisifitas suasana Pemilu serentak 2019.

Demikian diungkapkan Ketua Pimpinan Wilayah Pemuda Muhammadiyah Jawa Barat Iu Rusliana dalam konferensi persnya di Jalam LRRE Martadinata, Kota Bandung, Selasa (16/4).

“Kami siapkan 10 ribu pasukan untuk ikut membantu (keamanan),” kata Iu.

Menurut aktifis pemuda yang juga dosen UIN Sunan Gunung jati ini, KOKAM Pemuda Muhammadiyah Jawa Barat tersebar di 26 Kota Kabupaten. ” Banser” nya Muhammadiyah ini akan berjaga di kota/kabupaten masing-masing bahkan hingga tingkat kecamatan dan desa.

Iu menjelaskan, KOKAM tidak dimobilisasi di satu lokasi lantas kemudian digerakan ke titik-titik yang dianggap rawan. Satuan-Satuan KOKAM di tingkat Ranting, Cabang dan Daerah membentuk regu kecil secara sukarela dengan membawa bekal sendiri, mengamankan wilayah mereka masing-masing.

“Mereka juga mencoblos dilingkungan masing-masing, hanya saja sebelum dan setelahnya mereka menjaga lingkungan,” terangnya.

Pria berkacamata ini menjelaskan juga bila anggota  KOKAM merupakan bagian dari Muhammadiyah yang akan membantu mengamankan jalan pesta demokrasi Indonesia. Tugas meraka, lanjut Iu, adalah membantu aparat keamanan menjaga kondusivitas di tiap-tiap wilayah di seluruh kabupaten kota di Jawa Barat.

“KOKAM siap membantu pengamanan bilamana diperlukan. Namun sifatnya kondisional dan ditujukan untuk menjaga kondusifitas di lingkungan masing-masing,” ujarnya.

Langkah ini dilakukan sebagai bentuk keterlibatan aktif Pemuda Muhammadiyah Jawa Barat dalam proses politik Indonesia. Apalagi, lanjutnya, potensi kerawanan Pemilu di  Jawa Barat terbilang tinggi.

“Ini (Jawa Barat) 33 jutaan (DPT) dapat pasti dikatakan diperebutkan suara disini. Potensinya besar,” ujarnya.

Selaku Pimpinan Pemuda Muhammadiyah Jawa Barat Iu mengimbau semua komponen bangsa, khususnya masyarakat Jawa Barat untuk mendatangi TPS masing-masing dengan tenang, menunaikan hak pilih dengan prinsip Langsung, Umum, Bebas dan Rahasia dengan penuh tanggungjawab. Ia menegaskan Anggota KOKAM dan aparat Keamanan siap memastikan situasi kondusif di hari H Pencoblosan.

Pihaknya juga mengingatkan para pendukung pasangan Calon Presiden-Wakil Presiden untuk tetap damai meski berbedapilihan serta menahan diri dari berbagai upaya provokasi di lapangan, sehingga tercipta suasana saling menghormati bagaimanapun hasil Pemilu nantinya.

“Masyarakat juga harus melawan segala bentuk intimidasi dari kelompok masyarakat tertentu kepada calon pemilih, aktif menjamin rasa aman dan nyaman kepada pemilih semua paslon,” Demikian Iu.

Sumber: http://www.rmoljabar.com